Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
KELAS 2
SEMESTER 1
Tema : Peristiwa (
2 )
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema
Peristiwa ( 2 )
Kelas 2 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. PKn
- Membiasakan hidup bergotong royong
2. IPS
·
Memahami
peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
· Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan
dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan
tumbuhan serta berbagai tempat
hidup makhluk hidup.
4. Matematika
·
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·
Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara
·
Mengungkapkan
pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
·
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca
puisi anak.
Menulis
·
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi
cerita dan dikte.
6. Seni Budaya Keterampilan
- Seni Rupa : Mengekspresikan diri melalui karya seni
rupa
- Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari
7. Bahasa Sunda
- Mampu menulis, mengungkapkan fikiran ,
perasaan, dan keinginan, secara tertulis dalam berbagai bentuk dan jenis karangan (
tulisan ) dengan menulis kalimat berhuruf capital ( aksara gede), wacana pendek, kalimat sederhana
dan menyempurnakan kalimat dengan menggunakan tanda koma dan tanda titik.
- Mampu mengungkapkan fikiran, perasaan,
dan keinginan, secara lisan, tentang bertamu ke rumah teman, mengajak
teman, berjanji dengan teman, memperkenalkan orang lain, mengundang teman.
Kompetensi Dasar
:
1. PKn
- Mengenal pentingnya hidup rukun,
saling berbagi dan tolong menolong.
2. IPS
- Memelihara dokumen
dan koleksi benda berharga miliknya
- Menceritakan peristiwa
penting dalam keluarga secara kronologis.
3. IPA
·
Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari
biji menjadi tanaman)
·
Mengidentifikasi
cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
- Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud
benda ( plastisin/tanah liat,
adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu.
4. Matematika
·
Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan.
5.
Bahasa Indonesia
- Menyebutkan kembali
dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan
kata yang tepat dan santun berbahasa.
·
Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
6. Seni Budaya
Keterampilan.
- Menekpresikan diri melalui gambar
ekpresif
- Mengekspresikan diri melalui teknik
cetak tunggal.
- Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
gerak alam semesta.
7. Basa Sunda
·
Berjanji
dengan teman ( jangji jeung babaturan )
- Menyusun kalimat sederhana
Indikator :
1.
PKn :
·
Menyebutkan
contoh saling berbagi di sekolah.
·
Menjelaskan
arti tolong menolong.
·
Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
·
Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.
2. IPS :
·
Menyebutkan
jenis-jenis dokumen pribadi
·
Menyebutkan
jenis-jenis dokumen keluarga
·
Membaca
dokumen dengan benar.
·
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.
3.
IPA
:
·
Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.
·
Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan
·
Menjelaskan
proses pertumbuhan pada tumbuhan
·
Mempraktekan
pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
·
Menceritakan
proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
·
Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman.
·
Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair.
·
Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan
perbedaan sifat benda padat dan benda cair.
·
Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah
dipanaskan.
·
Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah
didinginkan
·
Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan
sesuatu terhadap benda itu.
·
Mengidentifikasi perubahan benda cair setelah dipanaskan
·
Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah
didinginkan.
·
Menjelaskan
perubahan benda padat menjadi benda lain.
4. Matematika :
- Menentukan nilai
tempat ratusan, puluhan dan satuan
pada bilangan bilangan
·
Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan
·
Menuliskan
lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan
·
Menguraikan
lambang bilangan menurut nilai tempatnya
·
Menguraikan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan
puluhan dan satuan.
·
Menentukan nilai tempat
satu angka pada bilangan 3 angka
·
Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan
5. Bahasa Indonesia :
·
Mendengarkan
pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·
Menyempaikan
pesan yang didengar pada orang lain.
·
Menyimak
cerita bacaan pendek.
·
Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·
Menjawab
pertanyaan bacaan secara lisan.
·
Menceritakan
kegiatan
·
Memberi
tanggapan pada kegiatan
·
Menyusun
gambar
·
Menceritakan gambar yang telah urut.
·
Menjawab
pertanyaan
·
Menceritakan
peristiwa.
·
Membaca
teks dengan bersuara
·
Mengajukan
pertanyaan bacaan.
·
Menceritakan
kembali isi bacaan.
·
Meringkas
isi bacaan.
·
Menyusun
kalimat menjadi cerita.
·
Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·
Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Menulis
pengalaman sendiri
·
Menyusun
kata menjadi kalimat
·
Membuat
kalimat.
6 Seni Budaya dan Keterampilan :
·
Membuat
gambar ekpresi
·
Memajang hasil
karya gambar ekpresi.
·
Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
·
Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
dengan cetakan bahan alami.
·
Mencetak
dengan teknik lipatan.
·
Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan.
·
Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang.
·
Melakukan
gerakan tari secara berkelompok
7. Basa Sunda
:
·
Milih kalimah perjangjian anu hade.
·
Nyarita ngagunakeun kalimah perjangjian anu hade.
·
Nepikeun eusi perjangjian ku kalimah anu hade.
·
Ngedalkeun jangji ku cara nyebutkeun waktu jeung tempat.
·
Nulis atawa nyusun kalimah basajan ngagunakeun kecap nu
geus ditangtukeun.
·
Nulis atawa nyusun kalimah basajan ngagunakeun kekecapan
sorangan.
·
Ngomean
kasalahan nulis.
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
·
Menyebutkan
contoh saling berbagi di sekolah.
·
Menjelaskan
arti tolong menolong.
·
Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
·
Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.
·
Menyebutkan
jenis-jenis dokumen pribadi
·
Menyebutkan
jenis-jenis dokumen keluarga
·
Membaca
dokumen dengan benar.
·
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.
·
Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.
·
Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan
·
Menjelaskan
proses pertumbuhan pada tumbuhan
·
Mempraktekan
pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
·
Menceritakan
proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
·
Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman.
·
Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair.
·
Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan
perbedaan sifat benda padat dan benda cair.
·
Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah
dipanaskan.
·
Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah
didinginkan
·
Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila
dilakukan sesuatu terhadap benda itu.
·
Mengidentifikasi perubahan benda cair setelah dipanaskan
·
Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah
didinginkan.
·
Menjelaskan
perubahan benda padat menjadi benda lain.
- Menentukan nilai
tempat ratusan, puluhan dan satuan
pada bilangan bilangan
·
Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan
·
Menuliskan
lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan
·
Menguraikan
lambang bilangan menurut nilai tempatnya
·
Menguraikan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan
puluhan dan satuan.
·
Menentukan nilai tempat
satu angka pada bilangan 3 angka
·
Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan
·
Mendengarkan
pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·
Menyempaikan
pesan yang didengar pada orang lain.
·
Menyimak
cerita bacaan pendek.
·
Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·
Menjawab
pertanyaan bacaan secara lisan.
·
Menceritakan
kegiatan
·
Memberi
tanggapan pada kegiatan
·
Menyusun
gambar
·
Menceritakan gambar yang telah urut.
·
Menjawab
pertanyaan
·
Menceritakan
peristiwa.
·
Membaca
teks dengan bersuara
·
Mengajukan
pertanyaan bacaan.
·
Menceritakan
kembali isi bacaan.
·
Meringkas
isi bacaan.
·
Menyusun
kalimat menjadi cerita.
·
Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·
Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·
Menulis
pengalaman sendiri
·
Menyusun
kata menjadi kalimat
·
Membuat
kalimat.
·
Membuat
gambar ekpresi
·
Memajang hasil
karya gambar ekpresi.
·
Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
·
Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
dengan cetakan bahan alami.
·
Mencetak
dengan teknik lipatan.
·
Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan.
·
Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang.
·
Melakukan
gerakan tari secara berkelompok
·
Milih kalimah perjangjian anu hade.
·
Nyarita ngagunakeun kalimah perjangjian anu hade.
·
Nepikeun eusi perjangjian ku kalimah anu hade.
·
Ngedalkeun jangji ku cara nyebutkeun waktu jeung tempat.
·
Nulis atawa nyusun kalimah basajan ngagunakeun kecap nu
geus ditangtukeun.
·
Nulis atawa nyusun kalimah basajan ngagunakeun kekecapan
sorangan.
·
Ngomean
kasalahan nulis.
II. Materi Ajar
( Materi Pokok ) :
·
Hidup gotong royong.
·
Dokumen pribadi dan keluarga
·
Peristiwa penting.
·
Manfaat dokumen.
·
Bagian utama tumbuhan dan hewan
·
Sifat benda
·
Perubahan wujud benda
·
Bilangan 1 – 500
·
Nilai tempat.
·
Mengurutkan bilangan.
·
Mendengarkan teks pendek.
·
Percakapan
·
Melengkapi kalimat.
·
Menulis pengalaman
·
Menulis kaliamt dengan huruf indah
·
Membuat kalimat.
·
Unsur rupa
·
Gerak alam semesta.
·
Kaliamh janji jeung babaturan.
·
Nyusun kalimah basahan..
III. Metoda Pembelajaran :
·
Ceramah
·
Diskusi.
·
Tanya jawab.
·
Demontrasi.
·
Pemberian tugas.
IV.
Langkah-langkah pembelajaran :
A. Kegiatan awal :
·
Mengisi daftar kelas , berdoa, mempersiapkan materi ajar,
model, alat peraga.
·
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis,
membaca.
·
Mengumpulkan
tugas/ PR
B. Kegiatan inti :
Minggu
ke 1
Pertemuan
pertama : 3 x 35 menit
( Matematika, B. Indonesia, B. Sunda )
·
Dengan penjelasan
guru siswa dapat menentukan nilai tempat ratusan.
·
Guru dapat menjelaskan melalui peragaannya dapat
menentukan nilai tempat puluhan
·
Dari hasil penjelasan guru siswa mampu menentukan nilai
tempat satuan
- Siswa dapat
menyampaikan pesan pendek dengan cara dibisikkan melalui teman.
- Siswa dapat
mendengarkan teks pendek dan mampu menyampaikannya pada orang lain.
- Dari hasil
penjelasan guru, siswa mampu menyimak cerita bacaan pendek.
·
Siswa janji ka guru supaya bisa milih kalimah nu hade tur
kaharti ku batur.
·
Guru ngajelaskeun milih kalimah perjanjian anu hade.
Pertemuan
ke dua 3 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPS)
·
Guru menjelaskan cara menentukan nilai tempat ratusan.
·
Siswa memperlihatkan cara menentukan nilai tempat
puluhan.
·
Dengan memperhatikan guru, siswa menentukan nilai
tempat satuan, puluhan dan ratusan.
·
Denagn penjelasan guru siswa dapat menjawab pertanyaan
yang diajukan guru.
·
Melalui diskusi siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
dokumen pribadi.
Peretemuan ke tiga 3 x 35 menit ( Matematika, , B Indonesia, B.
Sunda )
·
Melalui pemberian tugas siswa dapat menulis lambang
bilangan ratusan.
·
Siswa diberi tugas untuk menulis lambang bilangan
puluhan.
·
Guru memberi contoh menulis lmbang bilangan satuan.
·
Melalui cerita yang dibacakan guru siswa dapat
menceritakan isi teks bacaan secara lisan.
·
Berdasarkan keterbatasan kemampuan siswa mampu
menceritakan isi teks bacaan dengan cara dibacakan langsung dengan melihat
buku.
·
Siswa bisa ngucapkeun kalimah perjanjian , nepikeun eusi
perjanjian ku kalimah nu hade.
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit.
( B. Indonesia,IPA, PKn )
·
Dari hasil penjelasan guru tentang sebuah kegiatan siswa
memahami tentang kegiatan di sekolah.
·
Dengan ketelitiannya siswa mampu membedakan antara
kegiatan di sekolah dengan kegiatan di
rumah.
·
Melalui penjelasan guru siswa menjelaskan arti tumbuhan
·
Guru menjelaskan tentang arti hewan kepada siswa dengan
jelas.
·
Guru menjelaskan cara hidup bergotong royong di
lingkungan sekitar.
·
Siswa mampu menyebutkan contoh cara hidup bergotong
royong.
Pertemuan ke lima 3 x 35
menit ( B.Indonesia, IPS, Matematika )
·
Dari hasil penjelasan guru siswa dapat memberikan
tanggapan pada sebuah kegiatan yang dilakukan di sekolah.
·
Dengan penjelasan guru siswa dapat memebrikan tanggapan
pada kegiatan yang dilakukan di rumah.
·
Dengan ketelitiannya siswa mampu menyebutkan beberapa
jenis dokumen keluarga.
·
Guru menjelaskan cara menguraikan lambang bilangan
ratusan, puluhan dan satuan.
·
Siswa dapat mengerjakan
tugasnya dengan menguraikan lambang bilangan ratusan dengan puluhan.
·
Dengan ketelitiannya siswa mampu menguraikan lambang
bilangan puluhan dan satuan.
Pertemuan ke enam
3 x 35 menit (Seni Budaya dan
Keterampilan, B. Indonesia, IPS
)
- Dengan penjelasan
guru siswa mampu menguraikan bilangan 3 angka.
- Guru menjelaskan
cara menguraikan bilangan 2 angka.
- Melalui pengamatan
siswa dapat memahami arti tumbuh
- Melalui percobaan
sederhana siswa dapat memahami arti tumbuh.
- Melalui contoh yang
disampaikan oleh guru siswa dapat membuat gambar ekspresi dengan baik.
- Dari hasil karya
yang dibuatnya siswa memajangkan gambar dengan baik.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, B. Sunda )
·
Guru menjelaskan cara menguraikan bilangan 3 angka yang
terdiri dari ratusan.
·
Siswa memahami penjelasan guru mengenai bilangan 2 angka
yang terdiri dari puluhan.
·
Melalui
percakapan siswa bertanya kepada teman sebangkunya.
·
Dari
hasil percakapan yang disampaikan guru, siswa dapat bertanya kepada orang lain.
·
Dengan
menggunakan pilihan katanya , siswa dapat berbicara dengan orang yang lebih
tua.
·
Guu
menjelaskan cara ngenalkeun janji ku cara nyebutkeun waktu.
·
Siswa
ngarti ngedalkeun janji ku cara
nyebutkeun tempat.
Pertemuan ke dua
3 x 35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS )
·
Sisawa mampu menguraikan bilangan 3 angka yang terdiri
dari ratusan, puluhan dan satuan.
·
Siswa mampu menguraikan bilangan 2 angka yang terdiri
dari puluhan dan satuan.
·
Dengan bahasa yang santun siswa dapat mengucapkan
pembicaraan kepada temannya.
·
Dengan contoh yang disampaikan guru siswa dapat
menyusun sebuah gambar dengan baik.
·
Melalui latihan yang dicontohkan guru , siswa dapat
membaca dokumen pribadi dengan benar.
·
Dengan keberaniannya siswa dapat membaca dokumen keluarga
dengan sesuai gambar.
Pertemuan
ke tiga a 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, B. Sunda )
·
Dari penjelasan guru siswa dapat menentukan niali temapt.
·
Guru menjelaskan cara menentukan niali tempat pada salah
satu angka dengan benar.
·
Dari hasil percakapan dengan guru dan teman-teman
menceritakan gambar yang tidak berurut.
·
Dengan mengerjakan secara bersama siswa dapat mengurutkan
gambar dengan tersusun dan mampu menceritakannya..
·
Siswa bisa nyusun kalimat sederhana make tulisan anu
alus.
·
Siswa nulis kalimah nu geus ditangtukeun.
Pertemuan ke empat 3 x 35 menit
(B. Indonesia, PKn, IPA )
·
Guru menjelaskan cara berbahasa dengan baik dan benar.
·
Siswa dapat menjawab pertanyaan dari cerita sebuah
peristiwa yang disampaikan guru.
·
Melalui pengamatan siswa dapat memahami proses
pertumbuhan pada tumbuhan.
·
Dengan penjelasan guru siswa mampu menyebutkan proses
pertumbuhan pada hewan.
·
Dengan keberaniannya siswa menyebutkan cara hidup
bergotong royong di sekolah.
·
Siswa dilatih untuk melakukan cara berbagi dengan teman
sekelas.
Pertemuan ke lima 3 x
35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika
)
·
Dengan menceritakan kegiatan , siswa menjawab pertanyaan
dengan jelas dari ceritanya.
·
Siswa disuruh untuk menyimpulkan isi teks sampai 10
kalimat.
·
Melalui latihan secara bersama-sama siswa dapat membaca
dokumen dengan benar.
·
Guru menyuruh siswa untuk membaca latihan cara membaca
dokumen dengan benar secara sendiri-sendiri.
·
Guru menjelaskan nilai tempat dengan penguraian bilangan
satu angka pada bilangan 2 anka.
·
Guru memberikan contoh nilai tempat dengan penguraian
bilangan satu angka pada bilangan 2 angka.
·
Guru memberikan contoh nilai tempat dengan penguraian
bilangan dua angka.
Pertemuan ke enam 3 x 35
menit (Matematika, Seni Budaya dan
Keterampilan, IPA )
·
Siswa dapat menentukan nilai tempat dua angka pada
bilangan 3 angka.
·
Dari penjelasan guru siswa mampu menentukan nilai tempat
3 angka pada bilangan 3 angka.
·
Dengan pengamatan secara bersama siswa dapat memehami
arti hewan.
·
Guru memberi contoh melalui percobaan sederhana sehingga
siswa memahami arti hewan.
·
Dengan teknik cetak yang dicontohkan guru siswa dapat
membuat hasil karya seni rupa dengan bahan alam.
·
Siswa mampu membuat karya seni rupa dan teknik cetak
tunggal dengan bahan alami.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, B. Sunda )
·
Iswa dapat menentukan nilai tempat yang dicontohkan guru
melalui permainan.
·
Guru memberi tugas untuk menyimpulkan isi teks pendek 15
kalimat.
·
Siswa mampu membaca teks pendek dengan susra yang nyaring
dan penggunaan intonasi yang tepat.
·
Guru mere tugas ka siswa supaya nyieun kalimah kecap nu basajan jeung make basa sorangan.
Pertemuan ke dua 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS
)
·
Siswa mampu mengulang cara menentukan nilai tempat yang telah disampaikan guru
dengan teliti.
·
Melalui permainan dengan teman sekelas siswa dapat
menentukan nilai tempat dengan tepat.
·
Dengan contoh yang disampaikan guru, siswa mampu menulis
karangan pendek dengan baik dan benar.
·
Dari hasil karangan pendek yang dibuat siswa mampu juga
siswa memperhatikan tanda titiknya yang benar.
·
Siswa disuruh untuk menceritakan peristiwa penting
melalui pengalaman yang pernah dialaminya.
·
Melalui penjelasan dan contoh yang disampaikan guru siswa
dapat menceritakan peristiwa penting tentang dirinya.
Pertemuan
ke tiga 3 x 35 menit
(Matematika, B. Indonesia, B. Sunda)
·
Siswa dapat menentukan nilai tempat ratusan pada sustu
bilangan dengan permainannya yang membuat siswa tertarik sehingga memahami.
·
Dengan melengkapi cerita sederhana siswa menulis kalimat
dengan bentuk huruf yang indah.
·
Siswa mampu menuliskan pengalaman sendiri dengan jelas
dan teliti.
·
Siswa diajar ngomean kasalahan nulis anu diajarkeun guru
dina wangun huruf anu geus dituliskeun.
Pertemuan
ke empat 3 x 35 menit
(B.Indonesia, IPA, PKn)
·
Dengan menulis pengalaman sendiri siswa melakukannya
dengan menggunakan huruf sambung.
·
Siswa berusaha menyusun kata menjadi sebuah kalimat
yang benar dan baik.
·
Melalui pengamatan siswa melakukan percobaan dengan model
diskusi yang sedrehana sehingga memahami sifat benda.
·
Melalui percobaan siswa membuktikan perbedaan sifat benada
padat dan benda cair.
·
Siswa menyebutkan contoh tolong menolong di rumah dengan
kegiatan yang dilakukan dalam sehari-hari.
·
Dengan pengalaman yang pernah dialaminya siswa
menyebutkan contoh tolong menolong di lingkungan tetangga.
Pertemuan ke lima 3 x
35 menit (Matematika, B. Indonesia, IPS
)
·
Melalui peragaan siswa melakukan permainan dengan
menentukan nilai tempat suatu bilangan.
·
Siswa berusaha menulis pengalaman sendiri dengan huruf
tegak bersambung dan tanda titik yang tepat.
·
Siswa melakukan penyusunan kalimat menjadi sebuah kalimat
uyang terbaca dengan tepat.
·
Melalui peristiwa penting siswa menceritakan pengalaman
dalam keluarga.
·
Siswa dapat membedakan antara cerita dalam keluarga
dengan cerita dalam diri sendiri dari hasil pengalamannya.
Pertemuan ke enam 3 x 35
menit (Matematika, IPA, SBK )
·
Dengan permainan berupa perlombaan antar kelompok siswa
dengan semangat menjawab nilai tempat dengan benar.
·
Melalui pengamatan dan eksperimen sederhana siswa
membuktikan perubahan benda padat dan cair.
·
Dengan benda padat dan cair yang dipanaskan dan
didinginkan siwa mengidentifikasi perubahan benda padat dan cair dengan teliti
dan hati-hati.
·
Siswa melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan
kelinci yang sedang melompoat secara langsung.
·
Siswa melakukan gerakan tari secara berkelompok dengan
melompat dan mengikuti gerakan kupu-kupu terbang.
·
Siswa melakukan gerakan tarian seekor burung yang sedang
mengepakkan sayapnya.
C. Kegiatan akhir
·
Membuat kesimpulan dari tiap materi yang disampaikan.
·
Mengerjakan post tes
·
Pemberian PR / tugas
V. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Sumber :
- Buku Pengetahuan
sosial SD kelas 2, Penerbit Erlangga
- Buku Sains SD Kelas
21, Penerbit Erlangga
- Buku Pendidikan
Kewarganegaraan kelas 21 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
- Buku Pelajaran
Matematika SD Kelas 2, Penerbit Erlangga.
- Buku Bina Bahasa
Idonesia dan Sastra SD Kelas 2, Penerbit Erlangga
- Buku Saya Ingin
Terampil dan Kreatif D kelas 2, Penerbit Grafindo.
- Buku Piwulang Basa
SD Kelas 2, Penerbit Geugeur Sunten.
·
Alat Peraga :
1. Kartu bilangan
2. Contoh benda cair,
benda padat.
3. Gambar tanaman dan binatang.
4. Lembar puisi.
5. Contoh akte , kartu
keluarga, KTP, Foto-foto keluarga.
VI. Penilaian
Teknik Tes :
·
Tes lisan.
1. Keberanian menjawab/
menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2. Ketepatan jawaban.
3. Keseriusan dan
konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·
Tes tertulis
1. pilihan ganda
2. isian.
·
Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
1. Objektif tes
2. Non Objektif tes
Instrument
Tes :
·
LKS
·
Lmbar observasi.
Lembar Kerja Siswa IPA
Kelompok :
.......................
Anggota :
- ................................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
- ...............................
Ayo tulis 10 macam peralatan yang
menggunakan tenaga listrik dan peralatan yang tidak menggunakan listrik.
No
|
Peatalatan menggunakan listrik
|
Peralatan tidak menggunakan
listrik
|
1
|
|
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Matahari dapat mengeringkan
benda,
Berilah tanda R untuk benda yang dapat kering oleh matahari !
Nama Benda
|
R
|
Pakaian
|
|
Celana
|
|
Handuk
|
|
TV
|
|
Kasur
|
|
Topi
|
|
Lemari es
|
|
Komputer
|
|
Tas
|
|
Mengetahui, Mertoyudan, 19 Juli 2013
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Tematik
Saebani,
S.Pd.I Hj.
Supriyanti
0 komentar:
Posting Komentar