Pages

Senin, 26 Agustus 2013

PROMES


Silabus PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas 2
Semester :             1
TEMA: HIDUP HEMAT

JARINGAN KD/INDIKATOR

 






























 

 



SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS  2A

TEMA: HIDUP HEMAT


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALKS WAKTU
SARANA DAN SUMBER
PENILAIAN

1
3
4
5
6
7






PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Mengenal pentingnya hidup hemat.

·          Menyebutkan pentingnya hidup hemat.
·          Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
·          Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya menghemat listrik, alat tulis, uang).
·          Menceritakan pengalaman hidup hemat.

·    Mendiskusikan cara hidup hemat.
·    Menyebutkan pentingnya hidup hemat.
·    Memberikan contoh perilaku hidup hemat.
·    Menceritakan pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
·    Meneceritakan pengalaman hidup hemat.
2 minggu
§  Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam,, Matematika dan Orjaskes.
§  Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§  Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA, IPS dan Matematika.
§  Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama, PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan Penjas.
§  Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah).
§  Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK, SD/MI.

§  Penilaian Obyektif.
§  Penilaian Subeyktif.
§  Penilaian Lisan.
§  Penilaian Unjuk Kerja.
§  Penilaian Produk.
§  Penilaian Portofolio.
§  Penilaian Tingkah laku.
§  Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti pelajaran.
§  Mencatat aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan.
§  Mengamati aktivitas siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§  Mengamati dan menilai siswa dalam mengungkapkan perasaannya dalam bercerita .
IPS
Memelihara koleksi benda berharga miliknya.

·          Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat.
·          Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.

·       Bertanya jawab tentang koleksi untuk berhemat.
·       Menceritakan koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat.
·       Menjelaskan macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.

BAHASA INDONESIA

Mendengarkan: Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara: Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa yang santun.
Membaca: Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
Menulis: Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

·    Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·    Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·    Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·    Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
·    Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
·    Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
·    Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.

·    Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·    Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·    Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·    Menjawab pertanyaan tentang isi teks .
·    Mengajukan pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
·    Menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
·    Menjelaskan urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami orang lain.

ILMU PENGETAHUAN ALAM

Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda cair).
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan.

·    Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga.
·    Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
·    Bekerjasama dengan teman.
·    Memberi tanggapan secara santun.
·    Mengungkapkan gagasan secara lisan.
·    Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.



·    Menyebutkan cara berhemat di lingkungan keluarga.
·    Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
·    Menceritakan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
·    Bekerjasama dengan teman.
·    Memberi tanggapan secara santun.
·    Mengungkapkan gagasan secara lisan.
·    Menunjukkan hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.




MATEMATIKA

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan nilai tempat.

 

·    Membilang secara urut.
·    Menyebutkan banyak benda.
·    Menulis lambang bilangan dengan benar.

·    Membilang secara urut.
·    Menyebutkan banyak benda.
·    Menulis lambang bilangan dengan benar.




ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.


·          Melakukan permainan bersama pasangan
·          Mengalahkan lawan/pasangan denagn menginjak balon lebih dulu.



SENI-BUDAYA & KETERAMPILAN

Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif.
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa iringan sederhana.

·      Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·    Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·    Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
·    Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.

·      Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·      Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·    Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamik.
·    Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.