Silabus PEMBELAJARAN TEMATIK
Kelas 2
Semester : 1
TEMA: HIDUP HEMAT
JARINGAN KD/INDIKATOR
SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS 2A
TEMA: HIDUP HEMAT
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
ALKS
WAKTU
|
SARANA
DAN SUMBER
|
PENILAIAN
|
1
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
|
|
|
|
|
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Mengenal
pentingnya hidup hemat.
|
·
Menyebutkan pentingnya hidup hemat.
·
Memberikan
contoh perilaku hidup hemat.
·
Menceritakan
pelaksanaan hidup hemat (misalnya menghemat listrik, alat tulis, uang).
·
Menceritakan pengalaman hidup hemat.
|
·
Mendiskusikan cara hidup hemat.
·
Menyebutkan pentingnya hidup hemat.
·
Memberikan
contoh perilaku hidup hemat.
·
Menceritakan
pelaksanaan hidup hemat (misalnya mengehemat listrik, alat tulis, uang).
·
Meneceritakan pengalaman hidup hemat.
|
2
minggu
|
§
Standar Isi 2006 SD Mata Pelajaran
Agama, PKn, IPS, Bhs
§ Bahan Ajar/Buku siswa Pembela jaran Terpadu dengan
Pendekatan Tematik Kelas IIA.
§ Buku Kerja Kelas IIA mata pelajaran Bhs Indonesia, IPA,
IPS dan Matematika.
§ Buku bahan Ajar lain yang relevan untuk Mapel Agama,
PKn, IPS, Bhs Indonesia, Orjaskes, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika dan
Penjas.
§ Lingkungan sekitar (Rumah, RT/RW, Desa Sekolah).
§ Kerangka Dasar Kurikulum Standar Isi 2006 untuk TK,
SD/MI.
|
§
Penilaian Obyektif.
§
Penilaian Subeyktif.
§
Penilaian Lisan.
§
Penilaian Unjuk Kerja.
§
Penilaian Produk.
§
Penilaian Portofolio.
§
Penilaian Tingkah laku.
§ Mengamati dan mencatat kesiapan siswa dalam mengikuti
pelajaran.
§
Mencatat aktivitas siswa dalam
merespon pertanyaan.
§ Mengamati aktivitas
siswa dalam merespon pertanyaan guru.
§ Mengamati dan menilai siswa dalam mengungkapkan
perasaannya dalam bercerita .
|
IPS
Memelihara koleksi benda berharga miliknya.
|
·
Menceritakan
koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat.
·
Menjelaskan
macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
|
·
Bertanya jawab
tentang koleksi untuk berhemat.
·
Menceritakan
koleksi benda berharga sebagai barang berharga untuk berhemat.
·
Menjelaskan
macam-macam benda yang dapat dipergunakan sebagai alat berhemat.
|
|||
BAHASA INDONESIA
Mendengarkan:
Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
Berbicara:
Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan bahasa
yang santun.
Membaca:
Menyimpulkan isi teks pendek (10 – 15 kalimat) yang dibaca dengan membaca
lancar.
Menulis:
Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
|
·
Menjawab pertanyaan
sesuai isi cerita yang didengarkan.
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi teks.
·
Mengajukan
pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
·
Menggunakan
kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
·
Menjelaskan
urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami
orang lain.
|
·
Menjawab
pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
·
Menceritakan
kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menyampaikan
pesan secara lisan kepada orang lain.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi teks
.
·
Mengajukan
pertanyaan kepada guru tentang isi teks.
·
Menggunakan
kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan
pilihan kata yang tepat.
·
Menjelaskan
urutan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang runtut dan mudah dipahami
orang lain.
|
|||
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Mengidentifikasi berbagai benda sesuai wujudnya (benda padat dan benda
cair).
Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui
pengamatan.
|
·
Menyebutkan
cara berhemat di lingkungan keluarga.
·
Menceritakan
benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
·
Bekerjasama dengan teman.
·
Memberi tanggapan secara santun.
·
Mengungkapkan gagasan secara lisan.
·
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
|
· Mengidentifikasi macam-macam kebutuhan manusia.
·
Menceritakan
benda-benda yang bermanfaat bagi manusia.
·
Bekerjasama dengan teman.
·
Memberi tanggapan secara santun.
·
Mengungkapkan gagasan secara lisan.
·
Menunjukkan
hasil kegiatan dalam bentuk gambar, atau secara lisan.
|
|
|
|
MATEMATIKA
Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan nilai tempat.
|
·
Membilang secara urut.
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Menulis lambang
bilangan dengan benar.
|
·
Membilang secara urut.
·
Menyebutkan banyak benda.
·
Menulis lambang
bilangan dengan benar.
|
|
|
|
ORJASKES
Mempraktikkan gerak dasar jalan, lari, lompat yang
bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerjasama, toleransi,
kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri sendiri.
|
|
·
Melakukan permainan
bersama pasangan
·
Mengalahkan
lawan/pasangan denagn menginjak balon lebih dulu.
|
|
|
|
SENI-BUDAYA
& KETERAMPILAN
Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif.
Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi
yang dihasilkan oleh benda bukan alat musik.
Menyanyikan lagu wajib dan lagu anak dengan atau tanpa
iringan sederhana.
|
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
· Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
·
Menyanyikan
lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
|
· Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan
gerakan/tepukan.
· Menunjukkan kesesuaian gerakan/tepukan dengan rangkaian
bunyi yang diperdengarkan.
·
Menyanyikan
lagu sesuai dengan tanda dinamik.
· Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis.
|
|
|
|